Tuesday 5 January 2016

Mana Ongkos Pengiriman Kurir Yang Paling Murah

Setelah 2 tahun bergelut di e-comerce alias online shop yang melayani pelanggan akhirnya jadi hafal tentang min plus tiap2 shipping service dari beberapa agen yang bisa jadi pertimbangan permisa.
langsung saja cekidot gan!!
dan berikut merupakan empat besar shipping service yang populer di indonesia yang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing


1. WAHANA (Senin-Jumat jam 08.00 am-20.00 pm, Sabtu)
*PLUS*
a. Murah
b. Bisa cek online (tracking) di www.wahanaonline.com karena website www.wahana.com lagi maintenance (per maret 2015), tapi khusus cek ongkir tetep ke www.wahana.com
c. Bisa request mau bukti pembayaran yang bisa kelihatan ongkos kirim nya di client (non digital) atau sebaliknya (digital)
d. On time (semua seragam 3 hari, pengalaman saya 2 hari aja udah nyampe)
e. Menyediakan paket kiriman yang hitungannya per 5 kg (beda divisi tapi satu kantor) 

*MINUS*

a. Cabangnya sedikit
b. Penulisan alamat yang strict (kalau belum lengkap barang dikembalikan)
c. Wrapping yang strict (harus dibungkus plastik atau lakban)
d. Gak ada sistem kiriman express (semua seragam 3 hari, pengalaman saya 2 hari aja udah nyampe)
e. Hanya efektif di Pulau Jawa

2. JNE (Senin-Jumat jam 08.00 am-20.00 pm, Sabtu)

www.jne.co.id 
*PLUS*
a. Cabangnya banyak (menjamur)
b. Penulisan alamat gak ribet (kalau tujuannya instansi pemerintahan biasanya gak detail2 banget)
c. Wrappingnya simple (kalau kiriman kita pakai kertas secara otomatis dikasih plastik transparan)
d. On time (saya pernah habis jutaan untuk kirim barang karena kejar deadline jadi pakai yg YES yakin esok sampai, jadi worth it lah mahal untuk beli waktu)
e. Efektif seluruh Indonesia 

*MINUS*

a. Mahal (bisa dibilang agen yg plg mahal, kalau volume banyak harga jadi selangit. pengalaman saya kirim pakai ini 2 kg jadi 9 kg karena volume)


3. POS INDONESIA (Senin-Jumat jam 08.00 am-20.00 pm, Sabtu) (Jam ini berlaku di Kantor pos pusat dan franchise, bukan cabang)
http://www.posindonesia.co.id
*PLUS*
a. Cabangnya banyak (belakangan ini buka sistem franchise)

b. Lebih murah dari JNE 
c. Wrapping suka2 (boleh kertas tapi kalau mau di doble plastik bayar 2000)
d. On time
e. Efektif seluruh Indonesia (pengalaman barang client di Makassar belum sampai2 juga, akhirnya saya telepon pos disana, dan katanya barang masih di kantor pos karena pas dijabanin rumahnya kosong)
f. Ada jasa wrapping/bungkus (mmg gak resmi sih, tapi biasanya ditawarin kok jasa ini di kios terdekat) 
g. Penulisan alamat gak ribet (kalau tujuannya instansi pemerintahan biasanya gak detail2 banget)

*MINUS*
a. Websitenya sering error (kalau mau cek ongkir jadi lama)
b. Scroll nya "dari dan alamat tujuan" di website terlalu panjang (jadi kalau lewat HP kudu telaten milihnya (saya sih mendingan pakai laptop))
c. Tracking online sering gak reliable (misalnya saya tracking masih aja kosong eh tau2 saya udah dipanggil front office buat ambil barang)
d. Ongkos kirim yang tertera di website belum ditambah pajak (jadi misal ongkir 15000 biasanya di kantor posnya jadi 18000-20000 (kadang bikin deg2an juga ya secara buat kita2 yang berdagang krn bikin nombok ongkir))
e. Pelayanan di kantor cabang biasanya lebih judes (kalau saya mending di kantor pusat sekalian atau di franchise) 

4. TIKI
http://www.tiki-online.com/ 

Saya terbilang jarang kirim pakai TIKI, so far berdasarkan pengalaman saya yang terakhir :
*PLUS*
a. Satu2nya agen yang jam 7 pagi udah buka
b. Lebih murah dari pada JNE dan Pos (Versi website dan Aplikasi Ongkos Kirim Android) 
c. On time 

*MINUS*

a. Cabangnya jarang2

Nah pemirsa demikian review tiap shipping service dari saya.Jadi 
masing-masing shipping service memiliki kelebihan dan kekurangan, semoga pelayanan shipping service di indonesia semakin meningkat dan semoga artikel ini membantu dalam memilih agen yang sesuai gan

No comments:

Post a Comment